PERSIAPKAN DESAIN SABLON KAOS DENGAN CERMAT

Hai ! jumpa lagi di artikel Tigadjiwa Jasa Sablon Manual Surabaya.

 

Kali ini kami akan membahas sedikit informasi mengenai file desain yang akan disablon.

Pertanyaan yang paling sering diajukan oleh calon klien (orang yang akan menggunakan jasa sablon manual) ada dua hal, yaitu mengenai harga sesuai desain dan kebutuhan serta pertanyaan mengenai file dalam bentuk apa yang harus diberikan kepada penyedia jasa sablon manual.

 

Sebelum dilakukan proses sablon kaos secara manual, hal pertama yang perlu disiapkan adalah file desain. Seringkali terlihat tulisan seperti ini pada meja resepsionis vendor – vendor sablon manual : “Mendahulukan File yang Sudah Siap / Siapkan File Anda dengan Teliti dan Benar, Kami Tidak Bertanggungjawab atas Isi File”, lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan meyiapkan file desain?

 

Saat ini hampir seluruh desain viual menggunakan alat bantu komputer serta alat bantu menggambar lainnya yang bersifat digital. Pada komputer sering digunakan beberapa software untuk mengolah desain seperti Corel Draw, Adobe Photosop, dan Adobe Illustrator. Sehingga terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan terkait file desain yang akan disiapkan agar dapat dihasilkan sablon yang berkualitas baik.

 

Untuk dihasilkan sablon yang berkualitas, desain yang disiapkan harus berupa :

  • High Resolution Artwork

Yaitu desain yang ketika dizoom 100% gambarnya tetap memiliki bentuk yang jelas dan halus (tidak blurry dan pecah). Lalu jika file yang tersedia adalah file dalam bentuk image .jpeg dan low resolution, maka yang harus dilakukan yaitu desain haris di-trace menjadi bentuk file vector lalu disimpan dalam bentuk .cdr / .ai / .psd / .tif  untuk selanjutnya diprint menjadi film sablon.

 

  • File Vektor

Desain gambar atau tulisan dalam bentuk vector sudah pasti termasuk dalam kategori High Resolution (High Res). Namun agar desain semakin aman dan dapat digunakan dengan kualitas yang baik, maka sebaiknya dilakukan beberapa hal ini :

 

-          Buatlah desain dalam standar grafis 300 dpi (dots per inch).

Yang dimaksud dots per inch yaitu ukuran dari berapa banyak jumlah titik warna di setiap inch desain.

-          Desain sesuai ukuran cetak.

Sebaiknya selalu gunakan dasar kanvas gambar yang lebih besar dari ukuran yang hendak dicetak. Contoh : jika desain akan dicetak dengan ukuran A4, maka sebaiknya buat desain dengan dasar kanvas ukuran A3. Desain yang ukurannya dikecilkan tetap mendapatkan hasil cetak sablon manual yang sama bagusnya. Sedangkan desain tidak dapat dibesarkan (stretch) tanpa mengganti pixel artwork-nya atau menggambar ulang sesuai ukuran yang diperlukan.

 

  • File Raster

Untuk desain berbentuk foto atau memiliki gradasi warna yang cukup rumit, maka file tersebut diubah dulu ke dalam bentuk raster dot (dapat menggunakan Adobe Photoshop) agar didapatkan hasil yang sesuai dengan desain aslinya.

 

 

Langkah-langkah di atas termasuk hal yang dapat membantu proses sablon manual menjadi lebih efektif dan hasil sablon kaos yang didapatkan menjadi optimal dan berkualitas baik.

 

Semoga sedikit informasi dari kami dapat bermanfaat ya. Sampai jumpa!

 

#MakingBetterStories with #tigadjiwa -  

 

 

tag:

Jasa Sablon Kaos Surabaya Barat, Jasa Sablon Kaos Surabaya Murah, Jasa Sablon Kaos Surabaya Kaskus, Jasa Sablon Kaos Surabaya, Jasa Sablon Kaos Digital Surabaya, Jasa Sablon Kaos Eceran Surabaya, Jasa Sablon Kaos Satuan Surabaya, Jasa Sablon Kaos Distro Surabaya, Jasa Sablon Kaos Bola Surabaya

jasa sablon kaos, desain kaos, kaos, sablon kaos, desain baju kaos, design kaos, sablon kaos satuan, cara desain kaos, baju kaos, cara sablon kaos, mesin sablon kaos, print kaos, sablon kaos surabaya, sablon kaos malang, supplier kaos, distro kaos, alat print kaos, harga alat sablon kaos manual, cara membuat sablon kaos, sablon kaos solo