MENJADI SUPPORTER OLAHRAGA YANG BAIK A LA TIGADJIWA

Menjadi supporter olahraga yang baik, a la Tigadjiwa

 

Mewabahnya semangat nasionalisme di setiap ajang olahraga bergengsi seperti SEA Games, Olimpiade,dan lain-lain merupakan sebuah fakta unik dari negeri kita, Indonesia. Namun, yang tak pernah lekang dimakan waktu ialah semangat para suporter sepak bola baik nasional maupun lokal.


Lalu, bagaimana ya caranya agar menjadi warga negara sekaligus supporter bola yang baik? Tigadjiwa punya tips jitu nih agar Anda tak terjerumus menjadi suporter anarkis yang gemar membakar flare atau mengupload ujaran kebencian seperti Saracen.

Yuk, dicatat!


1. Pahami isu yang sedang ramai.

Mencintai sesuatu itu tak boleh berlebihan dan dibutakan oleh perasaan. Hal ini berlaku untuk pasangan dan juga sepak bola. Kerusuhan yang terjadi di lapangan maupun jagad sosial media usai pertandinganbiasanya hadir dari supporter karbitan yang membela mati-matian tanpa paham bagaimana keadaan terbaru dari klub yang dibelanya.


2. Belajar sportif dan menghargai.

Kebanyakan pertikaian yang terjadi di dunia sepak bola umumnya disebabkan oleh para suporter yangtidak terima dan berubah menjadi Saracen dengan menyebarkan ujaran kebencian dan berbagai memeejekan di ranah internet. Padahal, bisa jadi permainan klub yang Anda bela saat itu sedang tidak primadan tim lawan memang bermain dengan gemilang. Jika belum bisa menerima kekalahan klub bola, bagaimana bisa Anda menerima kekalahan karena gebetan idaman memilih jadian sama yang lain?


3. Membatasi diri agar tak menghamburkan uang.

Seperti yang Awkarin atau Karin Novilda bilang: "Nakal tapi masih batas wajar" demikian pula dengan rasa cinta pada klub bola favorit. Anda harus mawas diri dan menjaga kecintaan itu agar tak berlebihan sehingga mengakibatkan pada borosnya keuangan Anda. Saking cintanya dengan De Gea, jangan sampai Anda membayar mahal untuk sekadar membeli tiang gawang yang pernah dipakai De Gea untuk bersandar. Daripada membeli hal seperti itu, Anda bisa membeli merch keren dari Uniteeds ID yang mana bisa dipesan langsung melalui all contact TigaDjiwa. Bahan kain premium beserta desain yang maha keren bisa Anda dapatkan dengan harga yang ramah serta jauh lebih masuk akal.


4. Tidak membeli merch "nakal"

Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, khususnya Surabaya, pasti Anda sudah akrab dengan berbagai celetukan khas BONEK yang terkenal ugal, kasar, dan binal. Namun, di bawah manajemen baru, citra buruk itu perlahan mulai dihapus dan andil Anda untuk tidak lagi membeli merch berkalimat "Jancok" dan sejenisnya sangatlah berpengaruh. Dengan membeli merch berdesain keren, classy, serta mewah namun harganya ramah, Anda bisa membantu memperbaiki citra klub bola favorit dari yang semula dianggap hanya sebagai sarang preman, menjadi sarang pria-pria idaman.


Jadi gimana? Sudah siap mengharumkan nama Indonesia walau hanya sekedar duduk menjadi penonton?! Let's #RisingTogether with #Tigadjiwa!